Kamis, 30 September 2010

Foto dan Video Mengenang 1 tahun gempa padang

Foto dan Video Mengenang 1 tahun gempa padang Gempa berkekuatan 7.6 Skala Richter (SR) melanda wilayah Sumatera Barat. Gempa terjadi pukul 17.16 WIB. Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) menyebutkan gempa terjadi pada kedalaman 71 km, di 0.84 LS-99.65 BT atau 57 km barat daya Pariaman, Sumatera Barat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat setidaknya ada 200 orang korban tewas dan 500 bangunan hancur akibat gempa berkekuatan 7,6 Scala Richter yang mengguncang Sumatera Barat, Rabu (30/9) sore.

Data yang diperoleh pada pukul 02.00 WIB tersebut, diperkirakan akan terus bertambah mengingat ratusan orang masih belum diketahui nasibnya karena tertimbun di bawah reruntuhan bangunan. “Laporan yang masuk sementara ada sekitar 100 sampai dengan 200 orang korban tewas, 500 bangunan rusak atau hancur. Ada sekitar seratus orang lagi yang masih tertimbun di bawah reruntuhan bangunan, baik yang ada di sekolah maupun di bawah reruntuhan gedung-gedung itu,” kata Kepala Pusat Data dan Infomasi BNPB Priyadi Handoko di kantor BNPB, Jakarta, Kamis (1/10). Data tersebut diperoleh BNPB berdasarkan laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah Padang.

Detik Detik Gempa dan Runtuhnya Hotel Ambacang (Kamera CCTV)


Foto-foto gempa Padang , kerusakan sangat parah ratusan korban meninggal dunia

Foto-foto gempa Padang , kerusakan sangat parah ratusan korban meninggal dunia (detik)

Beberapa mal dan pusat perbelanjaan besar di pusat Kota Padang ambruk. Plaza Andalas misalnya, sebagian tembok dan atapnya runtuh, serta terbakar. Begitu juga dengan Basko Mal yang berlokasi di Jl Air Padang. Bagian belakang Mal itu runtuh. Data sementara, 75 orang tewas akibat peristiwa ini. Diperkirakan jumlah korban tewas akan terus bertambah.

Pemerintah segera menetapkan tanggap darurat dan mananggung kebutuhan korban gempa hingga dua bulan mendatang. Sebanyak Rp100 miliar dana disiapkan sebagai dana awal. Adapun jumlah total yang disiapkan akan jauh lebih besar dibanding anggaran penanganan gempa Tasikmalaya sebesar Rp 1,7 triliun. Demikian antara lain hasil rapat kabinet tentang persiapan tanggap darurat gempa Sumbar, Rabu (30/9/2009). Rapat berlangsung di kediaman dinas Wapres Jusuf Kalla, Jl Diponegoro, Jakarta.
Korban Meninggal Akibat Gempa Sumbar Menjadi 704 orang
Selasa, 06/10/2009 11:16:22

Hingga Selasa (6/10) pukul 10.00 WIB Pusdalops BNPB melaporkan jumlah korban meninggal akibat gempa bumi berkekuatan 7,6 SR yang terjadi Rabu (30/09) pukul 17.16 WIB sebanyak 704 orang, terdapat penambahan korban meninggal yang telah terevakuasi di Kota Padang dari data sebelumnya sebanyak 79 orang, dengan demikian rincian korban meninggal hingga saat ini adalah: Kota Padang 327 orang, Kota Pariaman 37 orang, Kota Solok 3 orang, Kab. Padang Pariaman 292 orang, Kab. Pesisir Selatan 10 orang, Kab. Agam 32 orang dan Kab. Pasaman Barat 3 orang. Data tersebut diperoleh dari Satkorlak PB Prov. Sumbar tanggal 5 Oktober 2009 pukul 20.00 WIB.

Sementara itu korban hilang berjumlah 295 orang, meliputi Kab. Padang Pariaman 237 orang, Kab. Agam 54 orang dan Kota Padang 4 orang. Sejumlah 21 tim SAR yang berasal dari 19 negara telah mengkaji 31 titik reruntuhan bangunan di Kota Padang dan menyatakan sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Untuk itu, kegiatan rescue dialihkan ke sebelah timur, utara, selatan Kota Padang, seperti Kab. Padang Pariaman dan Kab. Agam, yang mana dilaporkan puluhan bahkan ratusan orang hilang atau masih tertimbun longsor pasca gempa. Sedangkan tenaga medis masih akan melanjutkan kegiatan pelayanan kesehatan bagi korban bencana.
Kerusakan terparah terjadi di kota Padang dan Kab. Padang Pariaman, baik kerusakan bangunan maupun kerusakan geologi dan longsoran, yang diakibatkan kedekatan lokasi dengan titik pusat gempa, faktor geologi, dan faktor konstruksi bangunan.
Saat ini data yang telah terkumpul dari Satkorlak PB Sumbar tanggal 5 Oktober 2009 pukul 20.00 WIB, tercatat rumah rusak berat sebanyak 101.653 unit, rusak sedang 48.967 unit, dan rusak ringan 49.026 unit. Selanjutnya fasilitas pendidikan yang mengalami kerusakan adalah 887 unit rusak berat, 575 rusak sedang dan 457 rusak ringan.
Warga menatap bangunan yang hancur tinggal puing-puing akibat gempa di Padang Sumatera Barat yang berkekuatan 7,6 skala richter

Warga menatap bangunan yang hancur tinggal puing-puing akibat gempa di Padang Sumatera Barat yang berkekuatan 7,6 skala richter

“Kita akan drop dulu ke BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dana Rp 100 miliar. Tapi totalnya akan lebih besar dari gempa Tasikmalaya yang Rp 1,7 triliun,” papar Menko Kesra Aburizal Bakrie. Gempa tektonik berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR), Rabu (30/9) pukul 17:16 WIB, yang mengguncang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dirasakan kuat di sejumlah daerah seperti Medan, Riau, Bengkulu dan Jambi, bahkan hingga Malaysia.

Kerusakan parah dimana-mana akibat gempa di Padang


Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut terjadi pada episentrum 0,84 lintang selatan (LS) dan 99,65 bujur timur (BT). Pusat gempa itu berada pada 57 km barat laut Pariaman Provinsi Sumbar, dengan kedalaman 71 km. Angkatan Laut telah menggeser rumahsakit terapung dari Surabaya menuju Padang. Sementara itu pemda di sekeliling Sumbar sikap mengirim bantuan. Gubernur Sumsel Alex memberangkatkan tim medis dan batuan lainnya.

Tim kesehatan ini terdiri dari 4 dokter, 10 paramedis, 2 asisten apoteker, 2 survei land, 1 tenaga administrasi, 1 orang komunikator radio, serta 4 sopir. Mereka juga membawa obat-obatan, alat kesehatan, serta makanan kesehatan, menggunakan empat mobil. “Ini bantuan cepat. Bantuan selanjutnya menunggu kebijakan Pak Gubernur (Alex Noerdin, red),” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, Agustiar Effendy. “Tim akan bergabung dengan tim kesehatan lainnya di kota Padang,” tambahnya.

Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) itu diperkirakan lebih hebat dibanding gempa Tasikmalaya, beberapa waktu lalu. Banyak rumah di Pariaman dan Padang hancur, termasuk rumah sakit dan bandara.

Beberapa rumah juga terbakar, termasuk Pasar Raya. Dampak gempa juga mengakibatkan aktivitas perekonomian lumpuh total. Warga memilih menyelamatkan diri dan menghindari sejumlah bangunan bertingkat. Seperti di pusat perbelanjaan di Padang, Medan, dan Pekanbaru, warga memilih untuk keluar dari gedung dan mengindari benda-benda yang dapat mengakibatkan luka-luka.




Foto-foto gempa Padang, Sumatera Barat
Area Kerusakan Berdasarkan intensitas gempa di Padang

Area Kerusakan Berdasarkan intensitas gempa di Padang

Informasi yang dikumpulkan detikcom, Rabu (30/9/2009), bangunan rusak di Pariaman dan Kota Padang ini tersebar di banyak tempat. “Ada rumah sakit hancur. Aliran listrik terputus karena banyak tiang listrik juga roboh,” kata Anggi, warga. Menurut dia, akibat gempa itu, juga banyak rumah dan gedungyang terbakar. “Salah satu yang terbakar, Pasar Raya,” ujar dia.

Foto-foto Gempa Padang  (Reuters)
Foto-foto Gempa Padang  (Reuters)
Foto-foto Gempa Padang  (Reuters)
Foto-foto Gempa Padang  (Reuters)

Foto-foto Gempa Padang (Reuters/Singgalang)

Selain menghancurkan rumah, gempa bumi juga mengakibatkan kerusakan sejumlah fasilitas publik, seperti Bandara Internasional Minangkabau. Operasional bandara dihentikan sementara untuk pengecekan.
“Ternyata runway tak apa-apa, tower juga normal. Hanya saja sejumlah eternit di gedung terminal rontok. Kaca pecah. Kami usahakan besok (kamis ini) bisa beroperasi kembali,” jelas Direktur Usaha PT Angkasa Pura II Tulus.


Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat
Foto-foto bencana gempa bumi Padang , Sumatera Barat

CARI DISINI LAGU INDONESIA DAN BARAT, HARGA HANDPHONE, MOVIE, HARGA LAPTOP, DOWNLOAD GAMES BERITA OLAHRAGA, PENGUMUMAN HASIL KELULUSAN CPNS, INFO CPNS 2012, DOWNLOAD SOAL CPNS, INFO UKG ONLINE 2012, CONTOH SOAL UKG 2012, LOWONGAN KERJA,DI KOLOM PENCARIAN DI BAWAH INI:

Lijit Search Nah silakan download mp3 di Foto dan Video Mengenang 1 tahun gempa padang sesuka hati ada karena semua yang ada di sini Free alias gratis

Foto dan Video Mengenang 1 tahun gempa padang Reviewed by Unknown on Kamis, 30 September 2010 Rating: 4.5

0 comments:

Tinggalkan Komentarmu